Smart Goals || BLC Telkom
Smart Goals
A.Pendahuluan
a.pengertian
Smart merupakan kependekan dari Specific, Measurable,
Achievable, Relevant dan Timebound. Metode ini muncul pertama
kali saat management review di tahun 1981 oleh George T. Doran.
Saat ini SMART digunakan oleh berbagai perusahaan-perusahaan
di dunia untuk mencapai tujuan bisnis mereka. Harapannya dengan
menggunakan metode SMART mereka dapat lebih terarah untuk
mencapai target yang ingin diraih
b.latar belakang
Karena dengan memiliki smart goal, kita akan memiliki tujuan yang jelas, sehingga kita dapat mengambil keputusan atau aktifitas sehari-hari dengan arah yang sejalan dengan tujuan tersebut dan tidak bingung lagi
B.Maksud & Tujuan
● Menentukan target atau tujuan agar lebih jelas dengan aktifitas sehari-hari
C.Batasan & Ruang Lingkup
● Smart Goals
● Metode smart goals untuk mencapai tujuan
D.Target & Hasil Yang Diharapkan
● Mengetahui apa itu Smart Goals
● Dapat menerapkan Smart Goals dalam kehidupan sehari--hari
E.Alat & Bahan
● Laptop
● Internet
F.Target Waktu
●09.00-16.00
G.Tahapan Pelaksanaan
Metode SMART Goals Untuk Mencapai Tujuan
• Specific (Spesifik/Khusus)
Saat kamu memiliki target ataupun rencana kamu perlu
menetapkan target yang spesifik. Buat target secara detail, jelas
dan dapat dipaparkan dengan baik. Artinya suatu target yang
secara khusus, bukan target yang dapat ditentukan secara umum.
Seperti contohnya:
Target Umum : Saya harus lebih sering melakukan investasi
Target Spesifik : Saya harus melakukan investasi agar memiliki
rumah dalam 5 tahun yang akan datang
• Measurable (Terukur)
Apabila kamu sudah menentukan tujuan secara spesifik, maka
langkah selanjutnya adalah mengukur progress dari tujuan spesifik
yang sudah kamu buat. Apakah kita bisa melihat kita semakin dekat
dengan tujuan atau tidak. Guna dari adanya Measurable juga untuk
melihat dan menentukan langkah selanjutnya dari fakta-fakta yang
sudah ada.
goal / tujuan harus bisa diukur untuk memperlihatkan progress ke
tujuan yang akan dicapai
Contoh: Saat anda memiliki target untuk membuka toko dalam jangka 5 tahun ke depan, maka anda harus menggukur apakah yang sudah anda capai untuk memiliki sebuah toko tersebut, mungkin anda baru bisa membeli lahan untuk membuat toko tersebut tapi anda belum membeli material bangunan dll, berarti dengan tujuan yang kita tentukan tadi ada progres dari fakta-fakta tersebut walaupun hanya sedikit tidak apa-apa yang penting ada progres dari target tadi untuk mendekatkan dengan tujuan yang dibuat
• Achievable (Dapat Tercapai)
Pada poin ini kamu juga perlu mengetahui bahwa target yang telah
kamu tentukan tersebut dapat dicapai (Achievable) artinya target ini
tidak boleh terlalu mudah, tetapi juga tidak boleh terlalu sulit.
Dengan adanya Achievable ini, kamu dapat menilai apakah tujuan
yang telah kamu buat tersebut dapat dicapai atau tidak. Apabila
tidak, maka kamu bisa menetapkan tujuan lainnya.
Jadi maksud dari Achievable adalah menentukan apakah tujuan yang kita buat itu dapat tercapai dengan kemampuan kita atau tidak karena sebaiknya jika kita membuat target kita memang harus bisa mencapai target tersebut jika kita tidak bisa mencapainya maka sebaiknya kita membuat target bertahap dengan memilih target yang lebih mudah terlebih dahulu
• Relevant (Sesuai)
Saat kamu membuat target kamu perlu memilih target yang relevan
artinya jika target tersebut tercapai, target tersebut tentu akan
memiliki dampak terhadap yang lainnya. Pikirkanlah terget yang ingin anda bangun dan yang anda inginkan, lalu pastikan goal atau tujuan bisa selaras dengan jalur target anda
Contoh : kamu ingin memiliki tabungan pendidikan untuk anak
nanti, dengan asumsi biaya pendidikan anak yang meningkat 15%
per tahun, artinya kamu perlu set tujuan investasi kamu dengan
investasi yang dapat memberikan bunga minimal 15% per tahun.
Saat target yang sudah ditetapkan relevan, maka tentu akan
menjawab semua pertanyaan yang ada seperti apakah target ini
dapat diperjuangkan? Apakah target ini sesuai dengan kebutuhan
dan target lainnya? Apakah targetnya sesuai dengan waktu yang
tepat ?
• Timebound (Batas Waktu)
Jika kamu memiliki tujuan tentunya kamu harus menetapkan batas
waktu dalam mencapai tujuan/goal milikmu itu. Batas waktu ini
yang realistis diperlukan agar dapat terfokus dan dapat
mempersiapkan sumber dana yang diperlukan sedini mungkin.
Contoh : Kamu ingin memiliki portofolio investasi dalam waktu 3
tahun kedepan, maka kamu perlu mempersiapkan dari sekarang
hal-hal yang diperlukan untuk mendukung kamu memiliki portofolio
tersebut sesuai dengan batas waktu yang telah ditetapkan.
Untuk mengoptimasikan tujuanmu 7 hal di bawah ini akan sangat membantumu
• Memiliki Sikap yang Pemberani.
• Visualisasikan Tercapainya Tujuan Anda.
• Miliki Mimpi yang Besar.
• Tetapkan Tujuan Jangka Panjang.
• Menjadi Sosok yang Menginspirasi.
• Lakukan Langkah Kecil Secara Berkelanjutan.
• Percaya Diri dengan Kemampuan Anda.
I.Kesimpulan
Mulai dari hal-hal yang kecil namun dapat membuat hasil yang
besar seperti melakukan pendanaan pada platform P2P lending.
Mulai dari menentukan target secara spesifik untuk mendapatkan
hasil dari pendanaan yang kamu lakukan, mengukur bunga
pendanaan kamu, melihat apakah hasil pendanaan kamu
achievable dan melihat kembali batas waktu dari pendanaan yang
telah dilakukan.
J.Referensi
-Google