Smart Goals || BLC Telkom

 Smart Goals






A.Pendahuluan

     a.pengertian

       Smart merupakan kependekan dari Specific, Measurable, Achievable, Relevant dan Timebound. Metode ini muncul pertama kali saat management review di tahun 1981 oleh George T. Doran. Saat ini SMART digunakan oleh berbagai perusahaan-perusahaan di dunia untuk mencapai tujuan bisnis mereka. Harapannya dengan menggunakan metode SMART mereka dapat lebih terarah untuk mencapai target yang ingin diraih

     

      b.latar belakang

        Karena dengan memiliki smart goal, kita akan memiliki tujuan yang jelas, sehingga kita dapat mengambil keputusan atau aktifitas sehari-hari dengan arah yang sejalan dengan tujuan tersebut dan tidak bingung lagi 



B.Maksud & Tujuan

● Menentukan target atau tujuan agar lebih jelas dengan aktifitas sehari-hari


C.Batasan & Ruang Lingkup

●   Smart Goals
●   Metode smart goals untuk mencapai tujuan


D.Target & Hasil Yang Diharapkan

●  Mengetahui apa itu Smart Goals
●  Dapat menerapkan Smart Goals dalam kehidupan sehari--hari


E.Alat & Bahan

● Laptop
● Internet


F.Target Waktu

09.00-16.00


G.Tahapan Pelaksanaan



Metode SMART Goals Untuk Mencapai Tujuan


• Specific (Spesifik/Khusus) 


Saat kamu memiliki target ataupun rencana kamu perlu menetapkan target yang spesifik. Buat target secara detail, jelas dan dapat dipaparkan dengan baik. Artinya suatu target yang secara khusus, bukan target yang dapat ditentukan secara umum.
Seperti contohnya: 

Target Umum : Saya harus lebih sering melakukan investasi 

Target Spesifik : Saya harus melakukan investasi agar memiliki rumah dalam 5 tahun yang akan datang



• Measurable (Terukur) 


Apabila kamu sudah menentukan tujuan secara spesifik, maka langkah selanjutnya adalah mengukur progress dari tujuan spesifik yang sudah kamu buat. Apakah kita bisa melihat kita semakin dekat dengan tujuan atau tidak. Guna dari adanya Measurable juga untuk melihat dan menentukan langkah selanjutnya dari fakta-fakta yang sudah ada. goal / tujuan harus bisa diukur untuk memperlihatkan progress ke tujuan yang akan dicapai


Contoh: Saat anda memiliki target untuk membuka toko dalam jangka 5 tahun ke depan, maka anda harus menggukur apakah yang sudah anda capai untuk memiliki sebuah toko tersebut, mungkin anda baru bisa membeli lahan untuk membuat toko tersebut tapi anda belum membeli material bangunan dll, berarti dengan tujuan yang kita tentukan tadi ada progres dari fakta-fakta tersebut walaupun hanya sedikit tidak apa-apa yang penting ada progres dari target tadi untuk mendekatkan dengan tujuan yang dibuat



• Achievable (Dapat Tercapai) 


Pada poin ini kamu juga perlu mengetahui bahwa target yang telah kamu tentukan tersebut dapat dicapai (Achievable) artinya target ini tidak boleh terlalu mudah, tetapi juga tidak boleh terlalu sulit. Dengan adanya Achievable ini, kamu dapat menilai apakah tujuan yang telah kamu buat tersebut dapat dicapai atau tidak. Apabila tidak, maka kamu bisa menetapkan tujuan lainnya.

Jadi maksud dari Achievable adalah menentukan apakah tujuan yang kita buat itu dapat tercapai dengan kemampuan kita atau tidak karena sebaiknya jika kita membuat target kita memang harus bisa mencapai target tersebut jika kita tidak bisa mencapainya maka sebaiknya kita membuat target bertahap dengan memilih target yang lebih mudah terlebih dahulu


• Relevant (Sesuai) 


Saat kamu membuat target kamu perlu memilih target yang relevan artinya jika target tersebut tercapai, target tersebut tentu akan memiliki dampak terhadap yang lainnya. Pikirkanlah terget yang ingin anda bangun dan yang anda inginkan, lalu pastikan goal atau tujuan bisa selaras dengan jalur target anda


 Contoh : kamu ingin memiliki tabungan pendidikan untuk anak nanti, dengan asumsi biaya pendidikan anak yang meningkat 15% per tahun, artinya kamu perlu set tujuan investasi kamu dengan investasi yang dapat memberikan bunga minimal 15% per tahun. 

Saat target yang sudah ditetapkan relevan, maka tentu akan menjawab semua pertanyaan yang ada seperti apakah target ini dapat diperjuangkan? Apakah target ini sesuai dengan kebutuhan dan target lainnya? Apakah targetnya sesuai dengan waktu yang tepat ?


• Timebound (Batas Waktu) 


Jika kamu memiliki tujuan tentunya kamu harus menetapkan batas waktu dalam mencapai tujuan/goal milikmu itu. Batas waktu ini yang realistis diperlukan agar dapat terfokus dan dapat mempersiapkan sumber dana yang diperlukan sedini mungkin. 

Contoh : Kamu ingin memiliki portofolio investasi dalam waktu 3 tahun kedepan, maka kamu perlu mempersiapkan dari sekarang hal-hal yang diperlukan untuk mendukung kamu memiliki portofolio tersebut sesuai dengan batas waktu yang telah ditetapkan.




Untuk mengoptimasikan tujuanmu 7 hal di bawah ini akan sangat membantumu 

• Memiliki Sikap yang Pemberani. 
• Visualisasikan Tercapainya Tujuan Anda. 
• Miliki Mimpi yang Besar. 
• Tetapkan Tujuan Jangka Panjang. 
• Menjadi Sosok yang Menginspirasi. 
• Lakukan Langkah Kecil Secara Berkelanjutan. 
• Percaya Diri dengan Kemampuan Anda.





I.Kesimpulan

Mulai dari hal-hal yang kecil namun dapat membuat hasil yang besar seperti melakukan pendanaan pada platform P2P lending. Mulai dari menentukan target secara spesifik untuk mendapatkan hasil dari pendanaan yang kamu lakukan, mengukur bunga pendanaan kamu, melihat apakah hasil pendanaan kamu achievable dan melihat kembali batas waktu dari pendanaan yang telah dilakukan.

J.Referensi

-Google
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url