Mencopot Dan Memasang IC || INDOGSM



A.Pendahuluan

     a.pengertian

  IC (Intergarted Circuit ) merupakan komponen Elektronika Aktif yang terdiri dari gabungan ratusan, ribuan bahkan jutaan Transistor, dan Kapasitor yang diintegrasikan menjadi suatu Rangkaian Elektronika dalam sebuah kemasan kecil. Bahan utama yang membentuk sebuah Intergarted Circuit (IC) adalah bahan Semikonduktor. Silicon merupakan bahan semikonduktor yang paling sering digunakan dalam Teknologi Fabrikasi Intergarted Circuit (IC). Dalam bahasa Indonesia IC juga sering diterjemahkan menjadi Sirkuit Terpadu   

     

      b.latar belakang

Karena saya belum pernah memasang dan menopot IC maka hari ini saya belajar mencopot dan memasangnya



B.Maksud & Tujuan

Praktek mencopot dan memasang IC agar tangan tidak tremor



C.Batasan & Ruang Lingkup

Mencopot Dan Memasang IC



D.Target & Hasil Yang Diharapkan

Tangan tidak tremor ketika melakukan proses pemasangan dan pencopotan IC, dan IC dapat terpasang dengan baik dan rapi



E.Alat & Bahan

Flug
Blower
PCB



F.Target Waktu

(09.00-16.00)



G.Tahapan Pelaksanaan


Karena saya belum pernah memblower hp pada bagian PCB maka untuk hari ini saya mencoba untuk mencopot dan memasang kembali IC pada PCB dengan harapan tangan saya tidak kaku/tremor ketika proses moncopot dan memasang IC.
Karena saya hanya praktek maka saya menggunakan PCB yang sudah tidak dipakai, agar tidak ada kerugian ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Sebelum nya saya meminta izin kepada Mas Ibnu untuk praktek mencopot dan memasang IC.

1. Pertama saya menyiapkan alat dan bahan seperti PCB, blower, flug, pinset hp,

2. Oleskan Flug pada IC ini berguna agar proses pencopotan IC lebih mudah.

3. Jika Flug sudah teroles pada IC maka sekarang tinggal disetel blower nya dengan kepanasan 300-380°C dan setel angin dengan nilai 25-35 usahakan jangan sampai menyetel angin dengan nilai lebih dari 60 karena ini akan menyebabkan komponen-komponen kecil seperti resistor, kaasitor terbang.

4. Setelah angin disetel, sekarang arahkan blower ke IC, arahkan terus sampai sekiranya kaki IC sudah meleleh, jika sekiranya kaki IC sudah meleleh matikan blower.

5. Jika kaki IC sudah meleleh sekarang copot IC menggunakan pinset.

6. Setelah IC terlepas dari PCB sekarang saya mencoba memasang lagi IC ke PCB

7. Proses pencopotan dan pemasangan IC tidak jauh beda, yang membedakan hanyalah ketika proses pemasangan IC sedikit ditekan agar bisa melekat ke PCB.

8. Untuk proses pemasangan IC, juga harus lebih teliti karena ketika menempatkan kaki IC yang sangat kecil ke PCB lagi itu sangat rumit jadi pelan-pelan saja.

9. Nah sekarang IC sudah terpasang kembali. 







H.Temuan Permasalahan

Masalah 
Tangan masih sedikit tremor

Solusi
Membiasakan untuk barlatih mencopot dan memasang komponen-komponen pada PCB



I.Kesimpulan

Untuk proses pencopotan dan pemasangan komponen pada PCB kita harus teliti, dalam aritan teliti harus bisa memprediksi dengan cara melihat apakah memang sudah meleleh atau belum karena jika terlalu lama itu juga akan berdampak buruk pada komponen-komponen yang ada disebelahnya 



J.Referensi

Mas Ibnu

 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url