Memperbaiki Advan s5e 4gs Mati Total || INDOGSM

 Memperbaiki Advan s5e 4gs Mati Total



A.Pendahuluan

     a.pengertian

    Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata memperbaiki adalah membetulkan (kesalahan,kerusakan, dan sebagainya). Nah pada hari ini saya mendapat tugas untuk memperbaiki hp yang mati total maka hal pertama yang harus saya lakukan ialah  menanyakan terlebih dahulu pada customer penyebab hp nya mati dengan begitu pekerjaan kita akan lebih ringan, jika kita sudah mengetahui penyebab nya selanjutnya kita cari solusi nya   

     b.latar belakang

    Karena si Customer hanya mengatakan tiba-tiba mati maka saya belum bisa memastikan kerusakan hp nya dari mana, jika yang terjadi hp tiba-tiba mati maka yang harus dilakukan terlebih dahulu ialah mengecek tegangan baterai hp



B.Maksud & Tujuan

Memperbaiki hp mati total



C.Batasan & Ruang Lingkup

Memperbaiki hp yang mati
Mengecek tegangan baterai hp
Mengcharger baterai



D.Target & Hasil Yang Diharapkan

Handphone dapat hidup seperti semula



E.Alat & Bahan

Handphone
PSU ( Power Supply )
Charger kodok/Universal


F.Target Waktu

(11.00 - 01.00)




G.Tahapan Pelaksanaan


Hal pertama yang harus kita lakukan ketika menemukan kasus hp mati ialah mengecek baterai apakah normal atau tidak

1. Kita cek dulu apakah baterai masih normal atau tidak dengan menggunakan PSU, jika nilainya 1,5 volt maka baterai sudah bisa dikatakan normal jika dibawahnya berarti baterai rusak, setelah saya cek ternyata nilainya 0,6 volt 

2. Saya tidak langsung mengganti baterai hp nya, saya copot dulu dan saya cas, karena baterai hp nya baterai tanam jadi saya cas menggunakan charger kodok (Universal) setelah menunggu selama sekitar 30 menit lebih baterai saya pasang kembali ke hp.

3. Setelah baterai dicharger menggunakan charger kodok, baterai hp dicek lagi dengan PSU dan hasilnya nilai nya 1,9 volt. Kemungkinan baterai hp sudah tidak normal sehingga tegangan hp berubah-ubah

4. Setelah baterai hp memiliki tegangan 1,9 volt, saya coba hidupkan baterai lagi dengan menekan tombol power dengan cukup lama

5. Dan hasilnya hp bisa hidup lagi, sepertinya yang menyebabkan hp mati ialah baterai hp yang memiliki tegangan yang tidak normal, maka baterai hp kita ganti dengan baterai yang baru 





H.Temuan Permasalahan

Masalah: Baterai hp memiliki tegangan yang tidak normal

Solusi: Ganti dengan baterai yang baru



I.Kesimpulan

faktor yang menyebabkan hp mati ialah usia hp yang sudah cukup lama ditambah baterai hp yang tidak normal 


J.Referensi

Mas Ibnu
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url