Etika Dalam Pelayanan || INDOGSM



A.Pendahuluan

     a.pengertian

Etika adalah segala tindakan yang harus dilakukan oleh manusia sesuai dengan moral pada umumnya. Etika menjadi pedoman pada seseorang atau kelompok untuk perilaku dan perbuatan.


     b.latar belakang

Karena kita akan mendapat kepuasan dari customer jika kita memberikan etika yang baik dalam pelayanan



B.Maksud & Tujuan

Menerapkan etika pelayanan yang baik agar mendapatkan kepuasan dari customer



C.Batasan & Ruang Lingkup

Pengetian Etika dalam pelayanan jasa dan uraian detailnya



D.Target & Hasil Yang Diharapkan

Pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang kita berikan



E.Alat & Bahan

Laptop
Koneksi Internet



F.Target Waktu

(08.00-11.00)



G.Tahapan Pelaksanaan

    Etika juga dapat diartikan serangkaian tindakan berdasarkan kebiasaan yang mengarah kepada perbuatan benar dan salah. sebagian penjual jasa masyarakat membutuhkan pelayanan dan perlakuan yang menyejukan hati mereka melalui sikap ramah dan sopan para karyawan. Sedangkan etika berarti ketentuan yaitu sikap lahi dan batin prinsip hidup, pandangan moral.

      Adapun ketentuan yang diatur dalam etiket secara umum antara lain sikap dan perilaku, penampilan, cara berpakaian, cara berbicara, gerak gerik, cara bertanya dll. 
Berikut ketentuan yang diatur dalam etika secara umum adalah:

a. Sikap Dan Perilaku

Sikap dan perilaku merupakan bagian terpenting dalam etika pelayanan. Dalam prakteknya sikap harus menunjukan kepribadian seseorang dan citra perusahaan.

b. Cara Berbicara

Cara berbicara artinya cara berkomunikasi dengan konsumen. Hal ini penting karena karyawan langsung berbicara tentang apa-apa yang diinginkan konsumen, berbicara secara jelas, singkat dan tidak bertele-tele. Kita harus kreatif untuk berbicara sehingga membuat konsumen mau berbicara, tapi tetap dengan SOP yang ada dan jangan sampai kita berbicara diluar luang lingkup. Kemudian sebaiknya bagi konsumen yang banyak bertanya karyawan sebaiknya dapat mendengarkan dengan baik

c. Gerak gerik

Gerak-gerik meliputi mimik wajah, pandangan mata, pergerakan tangan, anggota atau badan atau kaki, jadi usahakan sebisa mungkin kita tidak terlalu banyak melakukan pergerakan yang sekiranya tidak terlalu penting ketika sedang melayani customer





     

    


Dimensi Kualitas Layanan


     Suatu kualitas dikatakan baik jika penyedia jasa memberikan layanan yang setara dengan yang diharapkan oleh pelanggan. Dengan demikian, pencapaian kepuasan pelanggan memerlukan keseimbangan antara kebutuhan, keinginan dan apa yang diberikan.

      Dapat disimpulkan bahwa kualitas layanan pada dasarnya berpusat pada upaya pemenuhan kebutuhan dan keinginan pelanggan sreta ketepatan penyampaiannya untuk mengimbangi harapan pelanggan

      Menurut Kotler (2012:284) menyebutkan lima dimensi Kualitas Pelayanan jasa yang harus dipenuhi yaitu:
a. Bukti Fisik, Penampilan fisik layanan perusahaan, seperti penampilan fasilitas fisik, peralatan, personel, kebersihan, kerapian, dan media komunikasi.

b. Empati, kesediaan karyawan dan pengusaha untuk lebih peduli memberikan perhatian secara pribadi kepada pelanggan.

c. Kehandalan, kemampuan perusahaan untuk melaksanakan jasa yang dijanjikan dengan tepat dan terpercaya.

d. Cepat tanggap, daya tanggap perusahaan dalam memberi layanan bagi pelanggan dan memberikan jasa dengan sigap dan cepat dalam melayani menangani transaksi dan penangan keluhan pelanggan

e. Jaminan, kemampuan perusahaan memberi jaminan pelayanan yang merupakan pengetahuan dan kesopanan karyawan serta kemampuan mereka untuk menimbulkan kepercayaan dan keyakinan




H.Temuan Permasalahan

-



I.Kesimpulan

Kita harus kreatif untuk berbicara sehingga membuat konsumen mau berbicara, tapi tetap dengan SOP yang ada dan jangan sampai kita berbicara diluar luang lingkup. Kemudian sebaiknya bagi konsumen yang banyak bertanya karyawan sebaiknya dapat mendengarkan dengan baik. Usahakan sebisa mungkin kita tidak terlalu banyak melakukan pergerakan yang sekiranya tidak terlalu penting ketika sedang melayani customer





J.Referensi

Mbah Suro
Buku Pemasaran & Kepuasan Pelanggan pdf.

 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url